Rahasia dan Manfaat Buah Salak Pondoh

Buah Salak Pondoh adalah salah satu buah yang unik dari Indonesia, buah salak pondoh ini banyak sekali ditemui di kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tahukah Anda, manfaat buah salak pondoh untuk kesehatan? Ternyata selain enak dikonsumsi, buah salak pondoh juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita loh teman - teman aneka manfaat buah. Salak pondoh memiliki ciri rasa yang manis atau tidak sepet sejak buah masih muda. Buah Salak pondoh yang dalam bahasa latin disebut dengan Salacca zalacca Gaertner Voss adalah buah biasa ditemui didaerah tropis seperti di Indonesia.

Rahasia dan Manfaat Buah Salak Pondoh
Ilustrasi Salak Pondoh

Kandungan Nutrisi Buah Salak Pondoh

Buah salak pondoh memiliki beragam kandungan nutrisi seperti saponin, tanin, kalsium, protein, karbohidrat, kalori, fosfor, zat besi, serta beragam vitamin, terutama vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pada luka, dapat meningkatkan imunitas tubuh, serta menjaga kulit agar tetap halus, kenyal, serta awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat buah salak pondok sangat dianjurkan waktu untuk mengkonsumsinya adalah di pagi hari saat perut belum terisi makanan berat seperti nasi dan lauk-pauk. Adapun banyak pendapat yang mengatakan jika mengkonsumsi buah salak pondoh pada pagi hari sebelum makan dapat mengakibatkan sembelit adalah salah.


4 Manfaat Buah Salak Pondoh untuk Kesehatan

Delain enak untuk dimakan serta dijadikan berbagai macam olahan kuliner, manfaat buah salak untuk kesehatan juga banyak sekali, berikut adalah informasinya :
  1. Meningkatkan kesehatan mata, Buah salak pondoh mengandung betakaroten tinggi yang sangat beguna untuk kesehatan mata.
  2. Mengatasi diare, Buah salak pondoh juga memiliki kandungan tanin, sama seperti teh, yang bisa membantu mengatasi masalah diare.
  3. Obat Kanker, Buah salak pondoh juga memiliki zat antioksidan yang tinggi, jadi buah ini juga bisa membantu mengatasi serta mencegah terjadinya kanker dalam tubuh kita. Jai buat teman - teman aneka manfaat buah jangan segan untuk makan buah salak.
  4. Membantu diet, Buah salak pondoh juga bagus untuk Anda yang memiliki program diet. Pasalnya buah salak ini bisa memberikan efek kenyang yang cukup lama, karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Manfaat buah salak pondoh juga ternyata bukan hanya dapat kita peroleh dari dagingnya saja, tetapi pada kulit dan daunnya juga sangat bermanfaat. Kulit buah salak pondoh dapat Anda olah menjadi ramuan herbal yang mampu membantu Anda mengatasi diabetes, lalu daun buah salak pondoh sangat berkhasiat untuk obat wasir atau ambeien.

0 Response to "Rahasia dan Manfaat Buah Salak Pondoh"

Posting Komentar