Rahasia dan Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Ilustrasi Buah Mengkudu
Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang berasal dari asia tenggara, buah ini cukup banyak di Indonesia namun banyak juga yang tidak suka dengan buah ini karena baunya tidak sedap. Namun dibalik itu semua ternyata manfaat buah mengkudu untuk kesehatan itu sangat besar dan banyak. Oleh sebab itu mari kita mengenal lebih dekat mengenai buah mengkudu ini supaya kita bisa mendapatkan manfaatnya tersebut.

Ada 80 jenis buah mengkudu yang ada didunia, namun hanya 20 jenis saja yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Sedangkan 60 jenis lainnya jika dikonsumsi dapat menjadi racun untuk tubuh manusia.

Kandungan Zat Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan serta zat yang dapat merangsang kekebalan tubuh yang dapat mencegah penyakit tumor. Dengan melihat hal tersebut bisa disimpulkan bahwa buah mengkudu dapat menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Berikut ini berbagai macam zat yang ada dalam buah pace atau mengkudu.

1. Zat Terpenoid – Dapat membantu proses sintesis organic yang dapat berfungsi membantu pemulihan sel-sel tubuh.

2. Kandungan Nutrisi – Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.

3. Zat anti bakteri ( misalnya, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis) – Zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah pace bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Berikut ini berbagai macam bakteri yang bisa dibunuh menggunakan buah pace : 
  • Pseudomonas aeruginosa. 
  • E coli. 
  • Bacillus subtilis. 
  • Protens morganii. 
  • Staphylococcus aureus. 
  • Salmonella. 
  • S. typhi. 
  • Scotmuelleri. 
  • Shigella dusenteriae. 
  • S. pradysenteriae. 
4. Zat anti kanker – Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
Nutrisi. Pace memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Secara umum, pace adalah buah yang memberikan nutrisi secara lengkap. Berikut ini berbagai macam nutrisi yang ada dalam buah mengkudu : 
  • Protein. 
  • Vitamin. 
  • Mineral cukup. Mineral ada di dalam buah dan juga daun pace. 
  • Selenium. Selenium merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi. 
  • Senyawa. Di dalam mengkudu juga terdapat berbagai macam senyawa aktif. Senyawa dalam buah mengkudu adalah senyawa plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium. 
5. Scolopetin. Scolopetin adalah sejenis senyawa yang bermnafaat untuk mengusir peradangan dan 
juga alergi.

6. Xeronine dan Proxeronine.

7. Zat bioaktif.

8. Zat iridoid.

9. Serat.

10. Metil.

11. Asetil.

12. Morindone.

13. Asam kapril.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Setalah mengetahui apa saja kandungan zat yang ada pada buah mengkudu, sekarang kira berlanjut mengenai manfaat buah mengkudu. 
  1. Dapat Meredakan Sakit Kepala 
  2. Menurunkan Tekanan Darah dalam Tubuh 
  3. Memperlancar Pencernaan 
  4. Anti Inflamasi ( Peradangan) 
  5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
  6. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam tubuh 
  7. Mencegah Kanker Berbahaya 
Nah itulah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan manusia, namun dibalik manfaatnya, buah mengkudu memiliki efek samping apabila dikonsumsi manusia.
  • Efek Samping Untuk Ibu Hamil - Jika terlalu sering mengkonsumsi buah mengkudu saat masa kehamilan maka, dapat terjadi kemungkinan besar keguguran. Karena biasanya buah mengkudu ini digunakan untuk proses aborsi. 
  • Menyebabkan masalah ginjal karena memiliki kandungan zat kalium yang cukup tinggi. 
  • Apabila Anda memiliki penyakit liver maka hindarilah mengkonsumsi buah mengkudu. 
Nah itulah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan serta efek sampingnya, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kita manusia yang sehat seutuhnya.

1 Response to "Rahasia dan Manfaat Buah Mengkudu"

  1. Jual murah Pupuk Organik 100% asli KOHE KAMBING hasil produksi sendiri Rp. 750/kg kondisi sudah digiling lembut kemasan karung. Sudah terbukti pupuk organik dari kotoran kambing sangat bagus untuk tanaman sayur, palawija, padi dan tanaman perkebunan. Siap kirim partai kecil dan besar. Bpk HERU di Malang - Jatim HP/Wa 081334272800 website www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    BalasHapus